Pelaksanaan Upacara Bendera

Ada yang berbeda pada pelaksanaan upacara Bendera Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Tapak Sunan pada Hari Senin, 18 Februari 2013. Tidak seperti pelaksanaan upacara seperti biasanya, di mana pengibaran Bendera Merah Putih diiringi dengan lagu Indonesia Raya oleh Kelompok Paduan Suara, pada upacara kali ini pengibaran Bendera Merah Putih diiringi dengan instrumen lagu Indonesia Raya oleh tim Drumband Tapak Sunan.

Drumband adalah salah satu ekstra kurikuler unggulan di Tapak Sunan yang diadakan sejak tahun 2011. Tujuan diadakannya ekskul ini adalah untuk mengimbangi kerja otak santri, di mana setelah kegiatan sekolah dan mengaji yang sangat memacu kerja keras otak kiri, ekskul drumband hadir sebagai pemacu otak kanan, sehingga kehidupan santri di Pondok Pesantren dapat berjalan dengan lancar dan nyaman.

Semula ekskul drumband hanya ditampilkan pada Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) di lingkungan Pondok yang diadakan baik oleh Majlis Ta’lim ataupun internal Pondok Pesantren dan acara-acara lainnya seperti pawai, sunatan masal dan lain-lain.

Namun Koordinator Ekstra Kurikuler Santri, Badrussa’diyah, S.E.Sy. yang  akrab disapa Mba Ayu, melihat ada indikasi kejenuhan santri dalam melaksanakan kegiatan ekskul. Selain itu pelaksanaan upacara setiap hari Senin yang harusnya dapat berjalan dengan khidmat terlihat begitu monoton sehingga tujuan utamanya tidak dapat tercapai dengan baik. Oleh karena itu maka digagaslah pelaksanaan upacara bendera di Pondok Pesantren Tapak Sunan dengan diiringi drumband.

“Kami dari pihak pondok selalu berupaya memberikan yang terbaik bagi para santri. Semangat santri yang fluktuatif dalam menjalankan berbagai aktifitas di pondok memang terlihat wajar, namun hal tersebut harus segera ditindak lanjuti agar tidak berlarut-larut. Salah satu upaya yang saya lakukan adalah memberikan tugas bagi tim Drumband untuk dapat mengiringi Upacara Bendera sebulan sekali. Hal ini diharapkan dapat menjadi semangat baru bagi mereka agar berlatih dengan baik, karena memang ada momen yang ditunggu setiap bulannya, yaitu mengiringi upacara bendera yang tentunya menimbulkan kepuasan dan kebanggaan pribadi bagi mereka”, jelas Mba Ayu yang juga merupakan putri keempat pengasuh Pondok Pesantren Tapak Sunan.

Untuk ke depannya akan direncanakan untuk ekskul lainnya, seperti angklung, agar dapat mengiringi pelaksanaan upacara bendera. Diharapkan hal ini akan menjadi salah satu ciri khas dari Pondok Pesantren Tapak Sunan.

IMG_5540